Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Studium Generale S-1 Ilmu Keperawatan 2019: Terapi komplementer & revolusi industri 4.0

Kamis, 17 Januari 2019 oleh Administrator

Studium Generale S-1 Ilmu Keperawatan 2019:

Terapi komplementer & revolusi industri 4.0

Oleh Tim Publikasi FIKES

 

Serangkaian kegiatan dalam rangka optimalisasi dan improvisasi persiapan praktek klinik mahasiswa telah disiapkan dengan baik oleh Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan, dimana Ns. Sigit Priyanto, M.Kep selaku ketua program studi (prodi) tersebut. Di tengah-tengah proses pembekalan pra-praktek yang begitu padat, prodi tersebut juga mengadakan kegiatan Studium Generale (kuliah umum) yang mengundang seorang pakar Spiritual Mindfullness yaitu Dr. Meidiana Dwidiyanti, S.Kp., M.Sc dari Universitas Diponegoro, Semarang. Kegiatan yang diadakan pada tanggal 17 Januari 2019 di Aula Gedung Unit III (Aula FIKES) ini, diikuti oleh Dosen-Dosen Keperawatan beserta seluruh 160 Mahasiswa S-1 Ilmu Keperawatan. Kegiatan tersebut dibuka dengan dibacakannya ayat suci Al Qur’an, sambutan Ketua Prodi S-1 Ilmu Keperawatan: Ns. Sigit Priyanto, M.Kep, dan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Dekan FIKES UMMagelang: Puguh Widiyanto, S.Kp, M.Kep.

 

Di kesempatan ini, topik menarik yang disampaikan oleh Dr. Meidiana yaitu tentang “Terapi komplementer di era revolusi industry 4.0”, dimana dengan adanya kemajuan teknologi para perawat professional diharapkan tetap memiliki empat karakter yaitu Hayyin (rendah hati), Layyin (lemah lembut), Qaribin (mudah diakrabi), dan Sahlin (senang memudahkan urusan orang lain). Disamping itu, beliau juga menyampaikan tentang teori Jean Watson tentang “Human Caring” yang juga menjadi esensi penting dalam menghadapi revolusi industry 4.0. Implementasi spiritual mindfulness juga beliau rekomendasikan untuk dilakukan dalam berbagai intervensi keperawatan. Karena sudah menjadi hal yang dimaklumi bahwa ketika pasien sakit, tidak hanya aspek fisik saja yang perlu diperhatikan, namun juga aspek spiritual, yang juga turut menjadi faktor pendukung untuk akselerasi kesembuhan pasien. Sesi materi ditutup dengan penyampaian kesimpulan oleh Ns. Eka Sakti Wahyuningtyas, M.Kep selaku moderator.

 

Segenap panitia Studium Generale dengan tulus mengucapkan terimakasih kepada Dr. Meidiana Dwidiyanti, S.Kp., M.Sc atas ilmu yang disampaikannya, dan semoga dengan adanya kemajuan teknologi via revolusi industry 4.0, terapi komplementer tetap menjadi bagian yang terintegrasikan dengan baik dalam pemberian daily nursing care dan juga dapat diaplikasikan secara optimal khususnya oleh calon perawat professional, yaitu mahasiswa FIKES UMMagelang.