Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Rotating night shift work, female nurses, and type 2 diabetes

Selasa, 15 Januari 2019 oleh Administrator

Rotating night shift work, female nurses, and type 2 diabetes

oleh Sumarno Adi Subrata*

 

Dr. Zhilei Shan dan koleganya dari Harvard University, United States of America dalam penelitiannya yang dipublikasikan tanggal 21 November 2018 lalu di the British Medical Journal, mengungkap akan dampak pekerjaan shift bagi perawat perempuan terhadap munculnya penyakit Diabetes Tipe 2. Beliau menyampaikan:

 

Both rotating night shift work and unhealthy lifestyle were associated with a higher risk of type 2 diabetes. These findings suggest that most cases of type 2 diabetes could be prevented by adhering to a healthy lifestyle, and the benefits could be greater in rotating night shift workers.

 

Artinya:

Bekerja dalam konteks rotasi shift malam yang ditambah dengan memiliki gaya hidup tidak sehat berhubungan dengan tingginya resiko terpapar penyakit diabetes tipe 2 (bagi perawat perempuan). Hasil dari penelitian ini merekomendasikan bahwa kasus-kasus diabetes tipe 2 dapat dicegah melalui kepatuhan dalam menjalankan gaya hidup sehat, dimana hal ini akan dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi para pekerja shift malam (yaitu perawat perempuan).

 

Implikasi dalam praktek klinis:

 

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Shan dan koleganya cukup memberikan penekanan akan pentingnya menjalankan hidup sehat sebagai pencegahan munculnya penyakit diabetes, khususnya bagi para perawat perempuan yang sering terpapar kerja dalam shift. Beliau mendefinisikan “Rotating night shift work”, yaitu dalam satu bulan minimal ada 3 kali jaga malam dan sisa waktunya untuk jaga pagi dan sore. Beliau juga menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “gaya hidup tidak sehat” adalah merokok, mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi atau nutrisi yang kurang, kurang olah raga, kelebihan berat badan dan obesitas.

 

Mekanisme kenapa rotasi kerja shift malam dapat menjadi faktor resiko diabetes adalah adanya perubahan ritme tidur dan ritme sirkardian yang memicu perubahan fisiologi normal hormonal, termasuk metabolisme hormon insulin. Dalam jangka waktu tertentu, kondisi seperti ini dapat menyebabkan resistensi insulin, gangguan regulasi glukosa yang pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes. Demikian keterangan yang disampaikan Dr. Shan dalam artikelnya.

 

Oleh sebab itu, implementasi program di Rumah Sakit yang melibatkan multidisciplinary in-hospital teams yang difokuskan pada “Diabetes: prevention and control” khusus bagi populasi perawat perempuan, nampaknya sudah mulai perlu dicanangkan di Indonesia. Hal ini dikarenakan prevalensi diabetes semakin meningkat berdasarkan data terbaru dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

 

Yang menjadi kekuatiran lagi sebagaimana yang disampaikan dalam sebuah hipotesis bahwa, hampir di semua Rumah Sakit atau prakek klinik, para perawatnya didominasi oleh perempuan. Sebagai konsekuensinya, mau ngga mau populasi ini sangat membutuhkan perhatian dalam komposisi yang lebih dan intensif, khususnya yang berkaitan dengan penerapan healthy lifestyle sebagai upaya pencegahan diabetes.

 

Semoga prevalensi diabetes di Indonesia dapat ditekan seminimal mungkin dalam tahun-tahun kedepan.

 

 

Referensi:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Hasil Riskesdas 2018. Retrieved from http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/materi_rakorpop_2018/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf (Last accessed on 15 January 2019).

 

Shan, Z., Li, Y., Zong, G., Guo, Y., Li, J., Manson, J. E., Hu, F. B., Willett, W. C., Schernhammer, E. S., … Bhupathiraju, S. N. (2018). Rotating night shift work and adherence to unhealthy lifestyle in predicting risk of type 2 diabetes: results from two large US cohorts of female nurses. BMJ (Clinical research ed.)363, k4641. doi:10.1136/bmj.k4641.

 

 

*Doctoral Candidate in Nursing, International Program, Mahidol University, Thailand.

*Awardee Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI Tahun 2016, Program Doktor Luar Negeri.

*Dosen Keperawatan, FIKES UMMagelang.

 

Email: [email protected] / [email protected]