Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Pembekalan Praktek Klinik S-1 Ilmu Keperawatan 2019

Senin, 14 Januari 2019 oleh Administrator

Pembekalan Praktek Klinik S-1 Ilmu Keperawatan 2019

Oleh Tim Publikasi FIKES

 

Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Magelang yang diketuai oleh Ns. Sigit Priyanto, M.Kep kembali mengadakan kegiatan yaitu Ucap Janji Keperawatan, yang merupakan kegiatan akademik rutin tahunan sebagai implementasi pembelajaran kuliah kelas di tataran klinis Rumah Sakit. Pada kesempatan tahun ini, sejumlah 57 mahasiswa S-1 Ilmu Keperawatan semester 3 akan menjalani praktek di beberapa Rumah Sakit mitra se-karesidenan Kedu. Sebelum mahasiswa diterjunkan ke lingkungan klinis, mereka akan mendapatkan pembekalan selama empat hari (14 Januari - 18 Januari 2019), yang kemudian diikuti acara puncak yaitu “ucap janji praktek klinik keperawatan” pada tanggal 19 Januari 2019.

 

Di antara hal yang menarik dari kegiatan ini adalah tema yang diangkat yaitu “menyiapkan generasi perawat menghadapi era revolusi industry 4.0”. Benar, isu tersebut kini sedang menjadi tren di sebagian publikasi ilmiah kesehatan. Di antaranya, Dr. Dukyong Yoon dalam publikasinya tahun 2017 yang berjudul “What We Need to Prepare for the Fourth Industrial Revolution” menyampaikan bahwa semua hal yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit akan berdasarkan pada aspek digital dan teknologi yang mutakhir. Begitu juga Dr. Rose McMaster dalam Editorial-nya yang berjudul “Is the Fourth Industrial Revolution relevant to you?” tahun 2018 di jurnal Nursing and Health Sciences menegaskan bahwa adanya hiperkonektifitas dan artificial intelligence (AI) yang ada dalam setiap teknologi kesehatan akan meningkatkan produktifitas di area tersebut, sehingga menuntut agar setiap healthcare professional akrab dengan teknologi tersebut.

 

Oleh sebab itu, melalui kegiatan praktek klinik ini, semoga calon perawat professional yaitu mahasiswa FIKES UMMagelang, diharapkan dapat beradaptasi dengan baik dengan semua perkembangan teknologi kesehatan yang ada, dimana hal ini akan meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan, misalnya memperpendek length of stay pasien di Rumah Sakit, meningkatkan efisiensi waktu dalam pemberian nursing care, menekan biaya perawatan hingga seminimal mungkin, mengidentifikasi symptoms dan diagnosa keperawatan dengan tepat dan lain-lain manfaat yang sangat jelas dapat dirasakan di konteks klinis atau komunitas.  

 

May the Fourth Industrial Revolution be kind and with us all“ (McMaster, 2018).

 

Referensi:

Yoon. D. (2017). What We Need to Prepare for the Fourth Industrial Revolution. Healthcare informatics research23(2):75-76.

 

McMaster. R. (2018). Is the Fourth Industrial Revolution relevant to you? Nurs Health Sci, 20(2):139-141.