Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Workshop Modul Praktikum Klinik Ilmu Keperawatan

Senin, 19 November 2018 oleh Administrator

Workshop Modul Praktikum Klinik Ilmu Keperawatan 

oleh Tim Publikasi FIKES

 

Universitas Muhammadiyah Magelang merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Magelang yang dikenal masyarakat, sehingga dituntut harus meningkatkan kualitas lulusan. Fakultas Ilmu Kesehatan adalah  Salah satu Fakultas di Universitas Muhammadiyah Magelang yang berkomitmen meningkatkan kualitas lulusan. Komitemen Fakultas tersebut wujudkan dengan membekali lulusan dengan kompetensi dalam bidang Kesehatan. Pembekalan kompetensi lulusan dilakukan pada saat masih menjadi mahasiswa dengan pembelajaran praktek lapangan.

 

Program Studi S1 Ilmu Keperawatan adalah salah satu program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan yang berupaya menjaga kualitas mahasiswa dengan Praktik Lapangan bagi mahasiswa. Pelaksanaan Praktik Lapangan membutuhkan buku panduan. Buku Panduan tersebut berfungsi sebagai pedoman bagi mahasiswa , pembimbing lahan maupun pembimbing akademik dalam mencapai target kompetensi. Penyusunan buku Panduan ini memerlukan koordinasi dan persamaan persepsi dari masing – masing stase, sehingga perlu menyelenggarakan Workshop Penyusunan Modul Praktik Klinik untuk Program Studi S1 Keperawatan.

 

Tujuan dari diadakannya Workshop ini adalah Untuk menyusun Modul Praktik Klinik sebagai pedoman bagi Pembimbing dan mahasiswa dan menyamakan persepsi di antara Pengampu Mata Kuliah dalam membimbing mahasiswa praktik. Seperti yang diungkapkan oleh Sigit P(Ketua Prodi Ilmu Keperawatan S1) bahwa tujuan dari workshop adalah untuk menyamakan persepsi di antara pembimbing dalam membimbing mahasiswa praktik, untuk memenuhi capaian kompetensi sesuai dengan kurikulum dan tersusunnya modul praktik klinik Keperawatan.

 

Puguh W selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan menekankan 4 hal penting yang menjadi dasar penyusunan modul praktik klinik yaitu pertama modul praktik sangat penting  karena modul praktik sebagai pedoman bagi mahasiswa melaksanakan praktik lapangan. Kedua capaian kompetensi antara S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners harus dibedakan. Ketiga mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan menekankan lebih pada point kritis jika dibandingkan dengan mahasiswa D3 Keperawatan. Keempat desain kurikulum praktik harus jelas.

 

Workshop dilaksanakan selama 2 hari yaitu 13-14 November 2018 di Ruang Aloevera Hotel Artos Magelang dan dihadiri 16 dosen keperawatan. Hasil dari Workshop tersebut adalah modul praktik klinik terdiri dari 6 kelompok terdiri atas keperawatan dasar, komunikasi keperawatan, keperawatan Jiwa, keperawatan maternitas, keperawatan Anak, dan Manajemen Keperawatan. Modul praktik klinik setiap kelompok disusun oleh dosen-dosen yang berkompeten dibidang masing-masing. Pada Workshop setiap kelompok telah merancang capaian kompetensi, seperti pada kelompok keperawatan jiwa, capaian kompetensi yang diharapkan adalah mahasiswa mampu mengenali diagnose gangguan, resiko dan terapi modalitas. Capaian kompetensi yang diharapkan pada kelompok keperawatan komunikasi adalah mahasiswa mampu mendemonstrasikan komunikasi diberbagai usia. Setiap kelompok telah mempresentasikan hasil diskusi dalam merancang modul praktik klinik. Presentasi yang dipaparkan tiap kelompok bertujuan untuk menyamakan persepsi pembimbing dalam membimbing mahasiswa dan capaian kompetensi yang sesuai dengan kurikulum, sehingga masukan-masukan diberikan pada saat presentasi.