Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Care and caring

Minggu, 04 November 2018 oleh Administrator

Care and caring

oleh Sumarno Adi Subrata*

 

Istilah “care” dengan “caring” sekilas nampak sama. Namun dalam praktek klinis, sejatinya dua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda, bahkan sangat signifikan perbedaannya. Dr. Paulson dalam publikasinya di tahun 2004 menjelaskan:

 

There is a significant difference between "taking care of patients" and "caring for patients". "Taking care of patients" emphasizes objective, professional care, such as the medical and psychological aspects of nursing. "Caring for patients", on the other hand, is a humanistic way of interacting with patients that demonstrates sincere care and concern for patients simply because they are human beings.

 

Artinya:

Terdapat perbedaan yang signifikan antara “taking care of patients” dan “caring for the patients”. “Taking care of patients” menekankan pada aspek objektif, pelayanan keperawatan yang professional, dalam hal ini termasuk (melibatkan) aspek medis dan psikologis dalam keperawatan. Di lain sisi, “caring for patients”, adalah sebuah metode humanistik dalam berinteraksi dengan pasien, yang (dibuktikan dengan) menunjukkan sikap ketulusan dalam merawat dan memberi perhatian untuk pasien karena mereka adalah manusia.

 

Implementasi dalam kehidupan sehari-hari:

Ketika kita memberikan perhatian secara tulus kepada orang lain (baik ia pasien atau bukan) yang berkaitan dengan aktifitas sehari-harinya, pada dasarnya kita sedang menunjukkan sikap “caring”, bukan “care”. Sikap ini akan menjadi lebih sempurna apabila kita mampu mengintegrasikan prinsip "giving without expecting something in return" yaitu memberi tanpa mengharap sebuah balasan. Memberi ya memberi saja, tidak perlu mengharap sesuatu dari orang yang diberi. Karena hal ini akan lebih menentramkan dan menyehatkan hati. 

 

Sementara itu, ketika kita bekerja di sebuah tempat pelayanan kesehatan, kemudian menangani pasien dengan melibatkan berbagai aspek baik itu medis dan keperawatan, sebenarnya kita sedang menunjukkan perilaku “care”, bukan “caring”.

 

Cukup simpel ternyata perbedaannya, dan semoga dapat dipahami.

 

Referensi:

Paulson, D. S. (2004). Taking care of patients and caring for patients are not the same. AORN Journal, 79(2): 359-366.

 

*Doctoral Candidate in Nursing, International Program, Mahidol University, Thailand.

*Awardee Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI Tahun 2016, Program Doktor Luar Negeri.

*Dosen Keperawatan, FIKES UMMagelang.

 

Email: [email protected] / [email protected]