Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Pelatihan Penanggulangan Gawat Darurat FIKES Tahun 2018

Kamis, 27 September 2018 oleh Administrator

Pelatihan Penanggulangan Gawat Darurat FIKES Tahun 2018

oleh Tim Publikasi FIKES

 

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fikes UMMagelang kembali menyelenggarakan Pelatihan Penanggulangan Gawat Darurat (PPGD) yang bertempat di Kampus II Jl. Mayjend Bambang Soegeng Mertoyudan. Sebagaimana agenda di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini diselenggarakan secara rutin tiap tahun, lebih tepatnya saat mendekati waktu lulusan atau wisuda program studi S-1 Keperawatan dan D-3 Keperawatan. 

 

Pelatihan dibuka Dekan FIKES UMMagelang, Puguh Widiyanto, S.Kp, M.Kep dan perwakilan dari tim JMTS oleh Dr. Panondang, Sp.B.  Pelatihan yang diselenggarakan mulai tanggal  27-30 September 2018 ini diisi materi-materi yang diberikan di kelas. Juga, materi diberikan melalui simulasi penanganan kondisi kegawat daruratan dengan merujuk kepada topik "fenomena tabrakan masal dan ledakan gedung". Rencananya, simulasi akan diadakan di lapangan Pandan Sari Mertoyudan. Segenap tim jajaran dari Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UMMagelang,  kepolisian sektor Mertoyudan beserta tim Ambulan lengkap dengan Satpam kampus turut dilibatkan dalam simulasi ini. 

 

Trainer dari tim Jakarta Medical dan Training Services (JMTS) 119 Jakarta masih menjadi pengisi materi tetap dalam kegiatan ini. Pada kesempatan ini, pelatihan diikuti oleh sejumlah 126 peserta yang terdiri dari Mahasiswa S1 Keperawatan sejumlah 37 orang, mahasiswa D3 Keperawatan sejumlah 89 orang, dan sebagian peserta yang berasal dari internal maupun dari eksternal termasuk peserta perwakilan dari beberapa Rumah Sakit di sekitar Magelang.

 

Akhirnya, dalam sambutannya, Ketua Alumni FIKES UMMagelang, Kaprofi S-1 Keperawatan yang sekaligus menjabat sebagai ketua panitia PPGD tahun 2018 yaitu Ns. Sigit Priyanto, M.Kep menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membekali lulusan FIKES dalam menghadapi bencana, terlebih lagi area Magelang tergolong daerah yang rawan bencana khususnya bencana gunung berapi. Di samping itu, pelatihan ini juga bermanfaat sebagai tambahan kompetensi untuk masuk ke dunia pekerjaan bidang kesehatan.