Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



International Students Exchange Program 2018

Rabu, 08 Agustus 2018 oleh Administrator

International Students Exchange Program 2018

Oleh Tim Publikasi FIKES

 

Program pertukaran mahasiswa antar negara merupakan salah satu program yang mampu menjanjikan sebuah perubahan berfikir mahasiswa agar lebih dinamis, kritis dan realistis dalam menghadapi perubahan lingkungan belajar. Apalagi di era kemajuan teknologi dan ASEAN economic community, semakin dibutuhkan pengalaman dan kompetensi yang berkaitan dengan bagaimana belajar berinteraksi dengan orang lain dengan budaya dan lingkungan yang berbeda. Tidak terkecuali bagi mahasiswa keperawatan di Indonesia, mereka juga dituntut untuk memiliki kompetensi tersebut untuk mengembangkan profesi keperawatan supaya menjadi semakin maju, professional, dan mampu bersaing khususnya di ruang lingkup ASEAN dan dunia pada umumnya.

 

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut yang sekaligus sebagai langkah nyata pengembangan profesi keperawatan, Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang kembali mengirimkan sejumlah enam mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran klinik di Rumah Sakit Akademik, Faculty of Nursing, Khon Kaen University, Thailand. Kegiatan ini adalah salah satu realisasi perjanjian kerjasama di bidang akademik antara Universitas Muhammadiyah Magelang dan Khon Kaen University, Thailand. Adapun mahasiswa yang terpilih mengikuti kegiatan ini adalah Ranni Astari Sofia, S.Kep, Muhammad Rijal Majid, S.Kep, Maya Shella Asmara, S.Kep, Affan Salis, S.Kep, Anisa Rizky Suryandari, S.Kep, dan Wahyuni, S.Kep. Periode ini adalah angkatan yang ke-4 sejak program ini rutin dijalankan sejak tahun 2015. Pada kegiatan praktek tahun ini akan berlangsung selama kurang lebih empat minggu terhitung mulai 13 Agustus 2018 - 7 September 2018 dan hanya akan dispesifikkan untuk praktek di Intensive Care Unit atau bangsal ICU.

 

Program Studi Profesi Ners dibawah Koordinator Ns. Priyo, M.Kep masih menjadi program studi yang rutin setiap tahun mengirimkan mahasiwanya ke Khon Kaen University. Sebelum mahasiswa diberangkatkan, FIKES UMMagelang telah mengadakan acara pelepasan pada tanggal 8 Agustus 2018 yang dihadiri oleh Rektor UMMagelang, Dekan FIKES, pimpinan Program Studi lainnya di FIKES, dosen, mahasiswa dan juga orang tua mahasiswa.

 

Panitia International Student Exchange program FIKES tahun 2018 berharap bahwa program tersebut dapat mengembangkan generasi muda perawat Indonesia untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkannya menghadapi tantangan global bidang keperawatan di masa yang akan datang.