Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Visitasi Akreditasi Program Studi S-1 Farmasi FIKES UMMagelang 2018

Sabtu, 14 April 2018 oleh Administrator

Visitasi Akreditasi Program Studi S-1 Farmasi FIKES UMMagelang 2018

oleh Tim Publikasi FIKES

 

       Akreditasi telah menjadi pertimbangan khusus untuk menentukan kualitas sebuah Program Studi (prodi) di sebuah Perguruan Tinggi. Saat ini, proses akreditasi memiliki perbedaan ditinjau dari sisi lembaga yang melakukan asesmen atau penilaian lapangan. Spesifik di program studi bidang kesehatan dikelola oleh Lembaga Akreditasi Mandiri – Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). LAM-PTKes adalah lembaga akreditasi mandiri yang terdiri dari Organisasi Profesi dan Asosiasi Instritusi Pendidikan Kesehatan dari 7 bidang antara lain Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Gizi. Mengingat semakin banyaknya prodi, lembaga tersebut dibentuk dengan tujuan untuk menstandarisasi aspek pendidikannya serta meningkatkan kualitas dari prodi tersebut mulai dari Sumber Daya Manusia, kurikulum, kualitas lulusan dan lain sebagainya.

 

       Sebuah hal yang cukup menarik dan perlu mendapat perhatian oleh setiap pengelola Institusi bahwa setiap prodi yang sudah memiliki ijin operasional diwajibkan melakukan proses akreditasi. Tidak hanya itu saja, masyarakat Indonesia terutama orang tua jika ingin menyekolahkan anaknya di prodi sebuah Perguruan Tinggi, seringkali melihat perolehan akreditasinya sehingga prodi yang telah terakreditasi merepresentasikan kesiapan sarana dan prasarana dalam menunjang pendidikan bagi mahasiswanya.

 

       Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui akreditasi, Program Studi S-1 Farmasi FIKES UMMagelang yang diketuai oleh Tiara Mega Kusuma, M.Sc, Apt mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan akreditasi melalui asesmen lapangan dari tim LAM PT-Kes. Dua orang yang bertindak sebagai asesor adalah Dr.rer.nat Sophi Damayanti, M.Si., Apt dari Institut Teknologi Bandung dan Prof. Dr. Deddi Prima Putra, M.Si.,Apt dari Universitas Andalas. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 15 – 17 April 2018. Selama tiga hari beragam aktifitas akan dilaksanakan mulai dari presentasi Unit Pengelola dan Program Studi, kunjungan ke fasilitas Program Studi, wawancara wakil Tenaga Kependidikan; Mahasiswa dan Dosen, Penyampaian Draft F4  dan F5 serta diakhiri dengan Penyampaian rekomendasi (F9) dan penyerahan dokumen hasil asesmen lapangan.

 

       Persiapan akreditasi baik itu dokumen dan yang lainnya telah dilakukan dengan baik dan totalitas oleh FIKES UMMagelang khususnya Program Studi S-1 Farmasi. Harapannya, usaha tersebut akan mendatangkan hasil sebagaimana yang diharapkan sehingga Program Studi S-1 Farmasi dapat lebih siap untuk menjadi prodi yang unggul, islami, siap bersaing, berprestasi dan mampu berkontribusi secara luas terhadap kepentingan Bangsa dan Negara Republik Indonesia khususnya di bidang kefarmasian di masa yang akan datang.

 

        Sukses selalu untuk Program Studi S-1 Farmasi FIKES UMMagelang.