Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Prestasi Gemilang Program Studi Farmasi dalam Program Kreatifitas Mahasiswa

Rabu, 04 April 2018 oleh Administrator

Prestasi Gemilang Program Studi Farmasi dalam Program Kreatifitas Mahasiswa

Oleh Tim Publikasi FIKES

 

        Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan sebuah kegiatan akademik bagi mahasiswa yang dirancang oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (DIRJEN DIKTI RI). Kegiatan ini dibentuk karena adanya kesadaran penuh dari pemerintah khususnya DIKTI terkait adanya kesenjangan antara teori dan praktek yang didapatkan mahasiswa dengan realita serta tuntutan kebutuhan masyarakat atas mutu lulusan perguruan tinggi. Tujuan PKM adalah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan pengkajian, pengembangan, serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini yang telah paripurna dipelajari sehingga dapat diterapkan kepada masyarakat.

 

            Awalnya kegiatan ini diberi nama program Karya Alternatif Mahasiswa (KAM) pada tahun 1997. Namun setelah melalui beberapa kali peninjauan, KAM diubah menjadi PKM pada tahun 2001. Di tahun 2002, PKM bergabung dengan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) kedalam program Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Surabaya. Tujuh tahun kemudian yaitu pada tahun 2009, Pelaksanaan Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) yang dahulunya bernama LKTM diintegrasikan pengelolaannya ke dalam PKM. PKM ini terdiri dari 5 bidang yang berbasis proposal, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Kategori kedua adalah PKM yang berbasis artikel ilmiah yaitu PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKMGagasan Tertulis (PKM-GT).

 

            Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang yang dalam hal ini diwakilkan oleh Program Studi Farmasi telah menunjukkan prestasi yang gemilang dalam PKM. Di tahun program PKM 2016 (pendanaan tahun 2017), Program Studi Farmasi lolos sebanyak 5 proposal. Kemudian di tahun 2017 (pendanaan tahun 2018), meningkat sangat signifikan yaitu lolos sejumlah 10 proposal yang terdiri dari 9 PKM-PE dan 1 PKM-MM. Beberapa dosen Program Studi Farmasi yang telah bekerja keras membimbing mahasiswa di antaranya Tiara Mega Kusuma MSc Apt, Heni Lutfiati MSc Apt, Fitriana Yuliastuti MSc Apt, Widarika Santi Hapsari MSc Apt, Imron Wahyu Hidayat MSc Apt, Elmiawati Latifah MSc, dan Ni Made Ayu Nila, MSc Apt. Sementara itu mahasiswa-mahasiswa berprestasi yang berhasil dibimbing adalah  Prabandaru, Sutiara, Umaimatun Nakhil, Sandi Kurniawan, Puji Umi, Mariska, Nur Choeroeni, Hidayatul Khoiriyah, Widya Diputera. Proposal-proposal yang telah lolos tersebut tentuna telah memenuhi kriteri yang telah ditetapkan oleh DIKTI RI yaitu kepatuhan terhadap ketentuan yang tercantum dalam Pedoman, level kreativitas mahasiswa dan orisinalitas.

 

            Dengan semakin meningkatnya jumlah proposal yang lolos di PKM 2017, Program Studi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang berharap agar kelak dapat lolos dalam PIMNAS pada periode selanjutnya.