Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Mental illness versus brain health issues

Senin, 26 Maret 2018 oleh Administrator

 Mental illness versus brain health issues

Oleh Sumarno Adi Subrata*

 

       Dalam sebuah konferensi yang bertajuk “College of Nursing 60th Anniversary Conference” di Villanova University, Philadelphia, United States of America pada tanggal 6 April 2013 yang lalu, salah seorang pembicaranya yaitu Louis Hugo Francescutti MD, PhD, MPH, Professor dari School of Public Health di University of Alberta, United States of America dalam materinya “Let’s Get Rid of the Patient” menyampaikan bahwa:

 

Para psychiatrist menjelaskan bahwa penggunaan istilah “mental illness” sebaiknya diganti dengan “brain health issues” dikarenakan istilah “mental illness” kini terkesan menakutkan bagi banyak orang”.

 

      Apa yang beliau sampaikan menunjukkan bahwa seorang yang berkecimpung di bidang kesehatan, baik itu praktisi klinik atau akademisi, hendaknya menggunakan istilah-istilah yang tidak membuat orang yang mendengarnya (khususnya pasien) menjadi phobia (ketakutan) serta istilah tersebut setidaknya mampu memberikan efek emosional positif bagi mereka yang membutuhkan caring dalam kehidupannya.

 

Referensi:

University, Villanova. (Producer). (2013, 26 March 2018). College of Nursing Conference Opening Keynote. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=96RjE11DWzc

 

 

*Doctoral Candidate in Nursing, Mahidol University, Thailand

*Awardee Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia Tahun 2016 (Program Doktor Luar Negeri)

*Dosen Keperawatan, FIKES UMMagelang