Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Workshop penelitian kegawatdaruratan prodi SI Keperawatan 2017

Senin, 25 September 2017 oleh Administrator

Workshop penelitian kegawatdaruratan prodi SI Keperawatan 2017

Oleh Tim publikasi FIKES

 

Pengembangan penelitian di bidang keperawatan kegawatdaruratan merupakan salah satu solusi akan munculnya fenomena masalah di area kegawatdaruratan baik di area rumah sakit, klinik atau di komunitas. Penelitian tersebut akan menjadi penghubung antara dua kesenjangan (gap) di teori dan lapangan atau dengan kata lain, berusaha mengkoneksikan apa yang seharusnya ada dengan apa sudah ada. Dengan adanya penelitian-penelitian tersebut, harapannya akan memberikan sumbangsih yang besar terhadap ilmu keperawatan dan setidaknya bisa menjadi salah satu realisasi visi program studi di perguruan tinggi yang sudah berfokus pada aspek kegawatdaruratan sebagaimana visi SI Ilmu Keperawatan yaitu menjadi Program Studi S1 Keperawatan yang Islami, inovatif dan kompetitif di tingkat nasional yang unggul bidang kegawatdaruratan dan terapi komplementer pada tahun 2020.

 

Kaprodi SI Keperawatan Ns. Sigit Priyanto, M.Kep menyampaikan dalam sambutannya bahwa sebuah langkah nyata telah dilakukan oleh Program Studi SI Keperawatan FIKES UMMagelang dalam rangka mewujudkan dan mengembangkan penelitian di bidang keperawatan kegawatdaruratan yaitu dengan diadakannya workshop penelitian kegawatdaruratan pada tanggal 12 September 2017 yang bertempat di Aula Gedung Unit III Universitas Muhammadiyah Magelang. Kegiatan yang dihadiri dosen keperawatan ini mengundang pembicara dari Universitas Gadjah Mada yaitu Lely Lusmilasari, S.Kp., M.Kes., Ph.D. Dalam paparan materinya, beliau menjelaskan bahwa penelitian ini didasarkan pada Peraturan Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi no.4 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Pelaksanaan riset ini dapat melibatkan mahasiswa, bahkan bisa menyusun riset payung dimana sebuah topik dikerjakan oleh beberapa grup peneliti yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Di samping itu riset yang akan dikembangkan setidaknya bisa fokus di keperawatan kegawadaruratan di aspek tertentu, karena ruang lingkup bidang ini sangatlah luas.

 

Setelah workshop ini selesai, diharapkan para dosen terstimulasi untuk melakukan penelitian yang fokus pada aspek keperawatan kegawatdaruratan guna mendukung visi dan misi program studi SI Ilmu keperawatan. Riset-riset tersebut tentunya harus tepat guna dan disesuaikan dengan isu-isu yang tengah berkembang dan masih menjadi problematika kronik baik di area rumah sakit atau komunitas.