Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Cara cepat temukan jurnal di Springer

Jumat, 02 Juni 2017 oleh Administrator

    Cara cepat temukan jurnal di Springer

oleh Sumarno Adi Subrata*

 

Selain Elsevier, salah satu publisher yang menyediakan layanan untuk membantu menemukan yang jurnal yang tepat untuk sebuah penelitian adalah Springer. Kalau Elsevier menamainya dengan “Journal Finder”, Springer menamainya dengan “Journal Suggester”. Sebenarnya fungsinya sama saja hanya beda nama. Tanpa berpanjang lebar lagi, mari kita simak tata cara penggunaan “Journal Suggester” tersebut.

 

 

Pertama

Buka link: http://fikes.ummgl.ac.id/statis-5-salamdekan.html

(Copy dan pastekan link di atas di browser)

 

Kedua

Pada banner situs, klik "Springer".

 

Ketiga

Ketika website “Springer Journal Suggester” telah terbuka, pada kolom "manuscript title" isikan judul manuskrip kita dalam bahasa inggris.

 

Keempat

Pada kolom "manuscript text", copy dan paste kan abstrak kita. Juga dalam bahasa inggris.

 

Kelima

Pada opsi "subject area", klik tanda segitiga hitam kecil kemudian akan muncul beberapa area riset. Untuk nursing pilih “Medicine & Public Health”. Sementara untuk farmasi pilih saja “Pharmacy”.

 

Keenam

Pada opsi “View” terdapat tiga pilihan yaitu all journals, fully open access journals dan subscription journals. Berikut keterangannya:

 

“All journals” artinya semua jurnal baik yang open access atau yang hanya subscription akan ditampilkan.

 

“Fully open access Journals” hanya akan menampilkan jurnal yang open access penuh, artinya untuk mendownload paper dijurnal tersebut kita tidak perlu membayar.

 

“Subscription journals” istilah ini kebalikan dari fully open access yaitu ketika kita akan mendownload salah satu artikelnya kita harus membayar.

 

Detail perbedaan antara fully open access dan subscription dapat dibaca di link ini: http://www.editage.com/insights/what-are-the-differences-between-open-access-and-standard-subscription-based-publication

 

Ketujuh

Klik "Suggest journals" dan tunggu hasilnya. Springer akan menawarkan beberapa jurnal yang cocok untuk artikel kita. Tinggal dipilih saja akan dipublikasikan dimana.

 

Catatan:

1) Waktu pencarian jurnal tergantung kecepatan koneksi internet.

2) Pastikan susunan grammar di judul dan abstraknya sudah tepat sehingga proses pencarian oleh sistem di Springer akan lebih mudah.

 

Selamat mencoba.

 

 

*Doctoral Student in Nursing, Mahidol University, Thailand

*Awardee Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia Tahun 2016 (Program Doktor Luar Negeri)

*Dosen Keperawatan, FIKES UMMagelang