Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Cara cepat temukan jurnal di Elsevier

Senin, 22 Mei 2017 oleh Administrator

Cara cepat temukan jurnal di Elsevier

oleh Sumarno Adi Subrata*

 

Publisher dari Elsevier telah menyediakan layanan pencarian jurnal yang memudahkan para akademisi dan peneliti untuk melakukan publikasi ilmiah. Karena pada hari ini jumlah jurnal semakin banyak sehingga terkadang menimbulkan kesulitan untuk menemukan jurnal yang tepat untuk artikel kita. Maka dari itu, Elsevier telah menawarkan solusi melalui layanan journal finder. Berikut panduan simpel bagaimana menggunakan layanan tersebut.

 

Pertama

Copy dan pastekan link di bawah ini di browser:

http://fikes.ummgl.ac.id/statis-5-salamdekan.html

 

Kedua

Pada banner situs, klik "Journal Finder".

 

Ketiga

Ketika web journal finder telah terbuka, pada kolom "paper title" isikan judul riset kita. Dalam bahasa inggris tentunya.

 

Keempat

Pada kolom "paper abstract", copy dan paste kan abstrak kita.

 

Kelima

Pada opsi "field of research", centang salah satu area jurnal yang kita inginkan. Untuk "nursing" dan "pharmacy"  cukup centang "Life and Health Sciences".

 

Keenam

Pada opsi "Filter", bisa dibiarkan pada settingan default / tanpa centang. Atau jika kita ingin membatasi pencarian jurnal hanya pada jurnal yang open access, maka bisa dicentang.

 

Ketujuh

Klik "Find Journal" dan tunggu hasilnya. Elsevier akan mencarikan jurnal yang high-impact untuk paper kita. Tentunya sesuai dengan judul dan abstraknya.

 

Catatan:

1) Waktu pencarian jurnal tergantung kecepatan koneksi internet.

2) Pastikan susunan grammar di judul dan abstraknya sudah tepat sehingga proses pencarian oleh sistem di Elsevier akan lebih mudah.

3) Jika Elsevier sudah menawarkan beberapa jurnal untuk artikel kita, maka kunjungi one-by-one jurnal tersebut, pelajari panduan publikasinya, tulis manuskrip dan segera submit.

4) Banyak berdoa semoga artikelnya lolos untuk publikasi

 

Selamat mencoba.

 

 

*Doctoral Student in Nursing, Mahidol University, Thailand

*Awardee Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia Tahun 2016 (Program Doktor Luar Negeri)

*Dosen Keperawatan, FIKES UMMagelang