Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Artikel : Paling baik di awal waktu

Kajian Online Pekanan 
Spesial Syawal
Edisi XXXVIII/Tahun ke-IV/Juni/2020
Program "Go Islamic"
FIKES UMMagelang
 
 
Paling baik di awal waktu
 
 
Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam pernah ditanya: "Amalan apa yang paling baik?". Beliau menjawab: "Mengerjakan shalat di awal waktunya" (Shahih Sunan Abu Dawud II/303, no.453 karya Al Albani).
 
 
Hadits di atas menjadi dasar literatur tentang keutamaan shalat di awal waktu. Maksudnya, menyegerakan shalat di awal waktunya itu lebih afdhal (utama) daripada menundanya (Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari no.2:9 karya Ibnu Hajar Al Asqalani).
 
 
Berikut tiga alasan kenapa shalat harus di awal waktu atau disegerakan, di antaranya:
 
 
Pertama
Shalat adalah ibadah yang akan pertama kali diminta pertanggungjawaban oleh Allah subhaanahu wa taala. Jika shalatnya baik, maka akan baik pula amalan yang lainnya (Shahih Jaami Ash Shaghir no. 2573 karya Al Albani). 
 
 
Kedua
Amal shalih seperti shalat, tidak selayaknya ditunda - tunda, sebagaimana ucapan Sufyan At Tsauri: "Jika engkau ingin mengeluarkan shadaqah, atau melakukan sebuah kebaikan, atau amal shalih, maka segera laksanakan sejak saat itu, sebelum setan menghalangi dirimu untuk melakukannya.” (Hilyatul Auliya jilid 7, halaman 62 karya Abu Nuaim Al Asbahani). 
 
 
Ketiga
Shalat di awal waktu adalah sebagai upaya berlomba - lomba dalam kebaikan (QS. Al Baqarah ayat 148) dan sekaligus sebagai bukti bahwa seorang Muslim telah memprioritaskan Allah subhaanahu wa taala di atas segala kesibukan duniawinya. 
 
 
Terlebih lagi di saat pandemi Covid-19, implementasi sholat di awal waktu nampaknya akan menjadi lebih mudah, karena kita banyak mendapatkan amanah Work From Home.
 
 
Akhirnya, beberapa hari lagi bulan Syawal akan usai, mudah - mudahan Allah subhaanahu wa taala mempertemukan kita kembali dengan bulan Ramadhan dan Syawal di tahun 1442 H / 2021 M, Aamiin.