Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Artikel : Forever young

Kajian Online Pekanan 
Pekan ke-4: Seri Adab dan Tazkiyatun Nufus
Edisi IX/Tahun ke-IV/November/2019
Program “Go Islamic”
FIKES UMMagelang

 

Forever young

 

Seorang nenek pernah datang kepada Nabi shallallaahu alaihi wa sallam dan minta didoakan agar masuk surga. Namun, tanpa ada maksud untuk mengecilkan hati nenek tadi, beliau shallallahu alaihi wa sallam berkata bahwa nenek-nenek tidak akan masuk surga. Walhasil, si nenek tersebut akhirnya menangis.

 

Selang tidak lama, kemudian, Nabi shallallahu alaihi wa sallam pun mengutus seseorang untuk menyampaikan sesuatu ke nenek tersebut yang intinya bahwa surga tidak akan dimasuki oleh orang tua atau lansia. Namun, jika nenek tadi masuk surga, maka umurnya akan kembali menjadi muda.

 

Kisah ini diriwayatkan oleh Tirmidzi dalam Asy Syamail Muhammadiyah no.205 dan juga tercantum dalam Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah no.2987 karya Al Albani.

 

Terdapat beberapa lima hikmah yang dapat dipetik dari hadits di atas, di antaranya:

 

Pertama
Boleh meminta untuk didoakan orang lain.

 

Kedua
Seorang lelaki hendaknya memilih kata-kata yang terbaik ketika berkomunikasi dengan wanita. Karena pada dasarnya mereka, yaitu kaum wanita, lebih perasa, lebih sensitif terhadap stimulasi lingkungan. Namun, apakah semua wanita seperti itu? Apakah hanya mereka yang berada dalam rentang umur tertentu saja? Allahualam.

 

Poin kedua ini berdasarkan atas respon nenek tadi yang langsung menangis ketika mendengar bahwa nenek-nenek tidak akan masuk surga. Dia tidak bertanya kenapa atau bagaimana atau pertanyaan lainnya. Namun dia langsung meresponnya dengan menangis sedih. Seandainya dia tahu diawal bahwa tidak ada yang berumur tua di surga, barangkali nenek tadi akan berespon lain.

 

Ketiga
Tidak semestinya kita mengecilkan hati orang lain dengan membuatnya menjadi putus asa atau hilang harapan terhadap sesuatu. Namun, sebaliknya, seorang setidaknya mampu membesarkan hati dan membahagiakan orang lain dengan menyampaikan peluang-peluang akan suatu hal yang akan dicapainya.

 

Keempat
Mereka yang ditakdirkan masuk surga, maka akan memiliki umur yang masih sangat muda yaitu umur 30 atau 33 tahun. (HR. Ahmad no.7933. Hasan). Bahkan, tidak hanya muda, namun juga akan abadi selama-lamanya (HR. Tirmidzi no.2539, Hasan).

 

Kelima
Metode terbaik untuk tetap awet muda yang abadi sepanjang masa, bukanlah dengan olah raga, makan makanan sehat, positive thinking, cukup tidur dalam sehari, intake air putih yang adekuat atau hal senada lainnya. Bukan itu semua. Namun, cukup satu, yaitu masuk surga.

 

Alhamdulillahi rabbil aalamiin.