Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Artikel : Forbidden love stories (1)

Kajian Online Pekanan 
Pekan ke-2: Seri Anak dan Keluarga
Edisi XLV/Tahun ke-III/Agustus/2019
Program “Go Islamic”
FIKES UMMagelang

 

Forbidden love stories (1)

 

Cukup prihatin akhir-akhir ini dengan maraknya kasus asusila yang terjadi di tengah-tengah keluarga, yang semestinya tempat tersebut (yaitu keluarga) menjadi naungan terbaik dari berbagai macam fitnah lawan jenis. Berikut sebagian beritanya:

 

https://www.google.com/amp/s/news.okezone.com/amp/2019/07/28/609/2084519/ini-pengakuan-kakak-nikahi-adik-kandung-di-sulsel-hingga-punya-2-anak

 

https://www.tagar.id/pernikahan-sedarah-pernah-terjadi-di-indonesia

 

https://www.tagar.id/pernikahan-sedarah-gemparkan-dunia

 

https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-4648316/bejat-ayah-cabuli-anak-kandung-selama-3-tahun-hingga-hamil-di-blora

 

https://www.foxnews.com/us/woman-who-married-her-birth-father-is-laid-to-rest-along-with-their-baby-after-shocking-murders

 

Bahkan sebagian tokoh terpandang di negeri ini ketika anak perempuannya dipedekate lelaki ajnabi (bukan mahram) mengatakan: "Udahlah nikah sama papa aja. Saya suka cemburu kalo sama dia". Meskipun cuma guyon, tidak semestinya seorang ayah mengatakan hal-hal seperti itu kepada putri kandungnya sendiri. Karena dapat membuka pintu fitnah.

 

Dan puluhan berita lainnya, baik dari dalam dan luar negeri. Naudzubillah min dzaalik.

 

Sebagian berita di atas menjadi salah satu bukti konkret akan salah satu tanda semakin dekatnya hari Kiamat yaitu maraknya perzinaan (HR. Bukhari no.81, Shahih). Lebih kompleksnya lagi, kejadian tersebut terjadi di konteks yang tidak biasanya yaitu dalam keluarga sendiri.

 

Dalam perspektif kesehatan, beberapa fenomena yang memprihatinkan di atas dikenal dengan istilah "incest", yang didefinisikan sebagai aktifitas pelanggaran seksual yang dilakukan antara seseorang yang masih memiliki hubungan darah atau kerabat atau mahram.

 

http://www.duhaime.org/LegalDictionary/I/Incest.aspx

 

Sebagian referensi menyampaikan ada beberapa tipe incest yaitu sister-sister incest (same-sex behavior), brother-sister incest, father-daughter incest, mother-son incest.

 

https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/10538712.2013.811140

 

Di Indonesia, nampaknya kasus yang banyak terungkap adalah brother-sister incest dan father-daughter incest.

 

Dr. Renshaw dalam Journal of American Medical Association menyampaikan bahwa incest merupakan "sexual learning disorder" gangguan pengenalan hal-hal yang berbau seksual dalam konteks keluarga. Beliau juga menyampaikan bahwa penyebab incest adalah sebagian anggota keluarga tidak mau belajar (tentang bahaya incest) atau gagal menyakini bahwa incest adalah perbuatan yang salah secara moral.

 

https://jamanetwork.com/journals/jama/article-abstract/385778

 

Penyebab lainnya yaitu memiliki riwayat pernah tidur dalam satu kasur (terlepas apakah saat itu melakukan hubungan badan atau tidak), orang tua kurang bisa menutup aurat di depan anak-anaknya (family nudity), memiliki riwayat pernah mandi bersama saudara yang sudah baligh.

 

https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/1079063214558941?rfr_dat=cr_pub%3Dpubmed&url_ver=Z39.88-2003&rfr_id=ori%3Arid%3Acrossref.org&journalCode=saxb

 

Bersambung...

 

Semoga Allah subhaanahu wa taala senantiasa menjaga kita dan juga anak-anak kita, kapanpun dan dimanapun mereka berada, Aamiin.