Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Artikel : Fiqih serba serbi outfit Muslimah

Kajian Online Pekanan 
Pekan ke-3: Seri fiqih
Edisi XLII/Tahun ke-III/Juli/2019
Program “Go Islamic”
FIKES UMMagelang

 

Fiqih serba serbi outfit Muslimah

 

Dalam sebuah kaidah ushul fiqih, disampaikan:

 

"Hukum  asal adah (muamalah) adalah boleh"

 

Abdurrahman As Sadi menjelaskan bahwa semua perkara (termasuk juga pakaian) hukum asalnya adalah halal (Qawaid wal Ushul Al Jamiah karya Ibnu Utsaimin), sampai ada dalil yang melarangnya (Majmu Fatawa no.21/535 karya Ibnu Taimiyyah).

 

Termasuk dalam kaidah di atas adalah yang berkaitan erat dengan pemilihan warna pada pakaian Muslimah, yaitu hukum asalnya adalah boleh menggunakan warna apa saja, selama tidak ada dalil yang melarangnya (Fatwa Muhammad Ali Farkuus Al Jazairi no.992). Intinya, yang menjadi patokan dasar outfit Muslimah adalah pakaian tersebut dapat secara sempurna menutup aurat (QS. An Nur ayat 31; Fatwa Dr Shalih Al Fauzan no.3648 dalam website pribadinya), serta tidak mengundang perhatian yang berlebihan dari lelaki ajnabi (non mahram).

 

Begitu juga tidak selalu harus memakai baju-baju yang berbahan dasar gelap, meski hal tersebut juga bagus. Apalagi di zaman sekarang sudah banyak fashion atau outfit yang islami, dengan desain minimalis, dengan paduan warna yang adem kalem, ada hiasan-hiasan yang tergolong wajar, sehingga pakaian jenis tersebut -Insya Allah- tidak apa-apa bilamana dipakai di luar rumah. Misalnya, gamis longgar setengah betis yang dipadukan dengan rok dan jilbab lebar, gamis longgar terusan panjang sampai kaki, long outer blazer yang longgar, dan desain lain yang semisal.

 

Berkaitan dengan mukena warna warni juga sama, yaitu tidak ada anjuran warna khusus. Yang terpenting, desain atau warna tersebut tergolong wajar serta tidak mudah mendistraksi konsentrasi atau khusyukan jamaah Muslimah lainnya saat shalat.

 

https://bimbinganislam.com/bolehkah-mengenakan-mukena-selain-putih

 

Berkaitan dengan warna, sebagian artikel menjelaskan bahwa warna mampu mempengaruhi status mood atau psikologis seseorang.

 

https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/2158244014525423

 

https://uxplanet.org/understanding-color-psychology-though-culture-symbolism-and-emotion-215102347276

 

Oleh karena itu, pemilihan warna warna tertentu seringkali mampu memberikan semangat beraktifitas khususnya bagi Muslimah, dan lebih spesifik lagi, bagi mereka yang tengah "hijrah penampilan".

 

Kemudian, akan terasa lebih lengkap, bilamana adab adab berpakaian di atas dapat diajarkan kepada anak-anak perempuan kita (apalagi jika telah baligh), agar mereka tumbuh besar dalam keadaan memahami aurat yang wajib ditutupi.

 

Kesimpulannya bahwa, hukum asal memakai desain atau fashion outfit Muslimah adalah mubah (boleh), sepanjang masih memenuhi persyaratan tertentu sebagaimana yang telah disebutkan.

 

Semoga bermanfaat.