Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Artikel : Sesegera mungkin

Kajian Online Pekanan 
Spesial Ramadhan
Edisi XXXII/Tahun ke-III/Mei/2019
Program “Go Islamic”
FIKES UMMagelang

 

Sesegera mungkin

 

Sufyan Ats Tsauriy pernah mengatakan:

 

"Apabila engkau hendak bersedekah, atau berbuat baik, atau beramal shalih, maka kerjakanlah sesegera mungkin pada saat itu, sebelum setan datang dan menjadi penghalang antara dirimu dengan itu semuanya"

 

(Hilyatul Aulia no.62/7 karya Abu Nuaim Al Ashfahani)

 

Di bulan Ramadhan 1440 H ini, ucapan Sufyan Ats Tsauriy di atas semoga dapat lebih menggugah semangat kita untuk bersegera dalam berbuat hal yang baik, apa saja, sepanjang hal tersebut juga dinilai baik oleh Islam.

 

Dalam suatu kondisi, terkadang satu amal kebaikan perlu untuk disegerakan pelaksanaannya sebelum: 1) Kebaikan tersebut berlalu kesempatannya, 2) Atau mungkin dari sisi diri kitanya sendiri yang keburu terserang rasa malas, sehingga kebaikan tersebut tidak jadi diamalkan, dan pahalanya, otomatis juga tidak bisa didapatkan.

 

Namun, bilamana pada akhirnya kita terlewatkan untuk mengamalkan satu kebaikan karena sebab yang memang sangat sulit dihindari, maka cobalah mencari peluang amal kebaikan yang lain, yang kita benar-benar berkemampuan dan berkesempatan untuk melakukannya.

 

Sedekah uang, shalat tahajud, shalat sunnah rawatib, shalat dhuha, membaca Al Quran, dzikir, menyediakan makanan untuk buka puasa bersama, berbagi sesuatu yang bermanfaat di sosial media, dan mengisi waktu menjelang buka puasa (ngabuburit) dengan hal-hal positif adalah sederetan amal shalih yang sangat memungkinkan untuk segera dilakukan di bulan Ramadhan. Amal tersebut bersifat opsional, jika dapat dilakukan keseluruhannya, maka sangat baik. Namun, jika tidak memungkinkan, pilihlah salah satu atau salah dua, kemudian konsistenlah dalam mengamalkannya. Karena...

 

"Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya" (QS. Yunus ayat 26).

 

“Berlomba-lombalah dalam kebaikan.” (QS. Al Baqarah ayat 148). Maksudnya, jadilah orang nomor satu dalam melakukan amal kebaikan (Syarah Riyadhus Shalihin no.2:6 karya Ibnu Utsaimin).

 

Semoga Allah subhaanahu wa taala senantiasa memberikan taufiq* kepada kita untuk beramal shalih, Aamiin.

 

Catatan: 
*Taufiq: Kekuatan yang Allah subhaanahu wa taala berikan kepada seorang muslim, yang membuatnya menjadi mudah (yaitu terhindar dari rasa malas) untuk mengamalkan berbagai ajaran Islam yang telah dipelajarinya (Dr. Abdurrahman bin Nashir Al Barrak - Professor di Universitas Muhammad Ibnu Suud, Saudi Arabia).