Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Artikel : Penghuni surga cilik [Revisiting*]

Kajian Online Pekanan 

Pekan Ke-2: Seri Anak dan Keluarga

Edisi XXVIII/Tahun ke-III/April/2019

Program “Go Islamic”

FIKES UMMagelang

 

Penghuni surga cilik [Revisiting*]

 

 

Artikel ini pernah terbit di tanggal 8 Maret 2018 lalu: 

 

http://fikes.ummgl.ac.id/artikel-180-penghuni-surga-cilik.html

 

Di antara intisarinya adalah anak-anak yang meninggal dunia sebelum baligh akan dimasukkan surga bersama orang tuanya. Bahkan kelak anak-anak tersebut akan memegangi baju orang tuanya hingga Allah subhaanahu wa taala memasukkan mereka bersama-sama ke surga.

 

Begitu juga, janin berumur lebih dari empat bulan yang meninggal dunia dalam kandungan, memiliki keutamaan tersendiri, di antaranya: dapat memberikan syafaat kepada orang tuanya, penghalang api neraka bagi orang tuanya dan sekaligus akan membawa orang tua nya masuk ke surga.

 

Barangkali keutamaan di atas diberikan sebagai hadiah bagi para orang tua yang telah sanggup bersabar sepanjang hidupnya. Sebagaimana yang dipahami, bahwa Allah subhaanahu wa taala tidak akan menyianyiakan kebaikan sekecil apapun dari orang tua, meskipun kebaikan tersebut berbentuk kesabaran ketika ditinggal meninggal dunia oleh anak-anaknya. 

 

Kemudian, dalam edisi revisiting ini, ada beberapa tambahan materi, di antaranya:

 

Pertama. Pelayan surga cilik.

 

Dalam QS. Al Waqiah ayat 17-18 dijelaskan bahwa, nanti di surga akan ada para pelayan cilik yang membawa gelas serta minuman bagi penduduk surga. Mereka tergolong masih kecil, rupawan, dan baik akhlaknya (Tafsir ayat Al Waqiah 17-18 oleh Abdurrahman As Sadi dalam Taisir karrimirrahman).

 

Menariknya, mereka bukanlah anak-anak yang meninggal dunia sebelum baligh. Namun, Allah subhaanahu wa taala memang menciptakan mereka secara khusus untuk berkhidmat kepada para penduduk surga (Majmu Fatawa no.4/312 karya Ibnu Taimiyyah). 

 

Kedua. Anak-anak non muslim belum baligh yang meninggal dunia.

 

Mereka juga akan dimasukkan ke surga (HR. Bukhari no.1386; Muslim no.7074. Shahih). Hanya saja ketika meninggal dunia, mereka akan diurus menurut tata cara dari agama orang tuanya. Sehingga, mereka tidak dishalatkan, dan lain sebagainya.

 

Semoga bermanfaat.

 

Catatan:

*Revisiting: proses peninjauan kembali sebuah topik untuk evaluasi dan update materi. 

 

https://www.google.com/amp/s/www.collinsdictionary.com/amp/english/revisit

 

https://www.google.com/amp/s/dictionary.cambridge.org/amp/english/revisit