Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Artikel : Bukber

Kajian Online Pekanan
Spesial Ramadhan
Edisi XXXVI/Tahun ke-II/Juni/2018
Program “Go Islamic” 
FIKES UMMagelang
 
Bukber
 
Adalah sebuah momen yang indah di bulan Ramadhan dengan maraknya buka puasa bersama (bukber) atau Ifthar Jamai. Acara tersebut pada asalnya positif dan boleh-boleh saja (Fatwa Lajnah Daimah Saudi Arabia 9/35 no.15616), karena dapat mendatangkan beragam kebaikan mulai dari menambah keakraban, mendatangkan rezeki, mengupdate ilmu melalui kajian pra-buka puasa hingga dapat merajut kembali ukhuwah islamiyyah yang barangkali sempat terurai karena perselisihan, kesibukan atau faktor yang lainnya.
 
Apabila dicermati, seorang muslim yang tengah berbuka puasa berjamaah, sejatinya ia memperoleh banyak kebahagiaan, sebagian di antaranya adalah: 
 
Pertama.
Kebahagiaan di saat sampai pada waktu berbuka itu sendiri karena ia bisa kembali makan, minum, dan lain sebagainya (HR. Muslim no.1151. Shahih).
 
Kedua.
Kebahagiaan di saat adanya kebersamaan dalam makan bersama-sama (HR. Muslim no.2059. Shahih). Karena makan berjamaah termasuk bagian dari sunnah Nabi Muhammad shallallaahu alaihi wa sallam sehingga ketika diamalkan akan mendatangkan keberkahan, kebahagiaan (Fathul Baari Syarah Shahih Bukhari no.9/446 karya Ibnu Hajar Al Asqalani).
 
Di lain sisi, bagi mereka yang mengadakan acara berbuka puasa bersama juga tidak lepas dari mendapatkan keutamaan yaitu dihantarkannya pahala seperti pahala orang yang diberi makanan buka puasa tersebut (Shahih Al Jami Ash Shaghir no.6415 karya Al Albani) dan balasan surga (HR. Tirmidzi no.1984. Hasan).
 
Selamat menunaikan ibadah berbuka puasa, dan...
 
Jangan lupa berdoa, karena saat menjelang dan sesudah berbuka adalah waktu terkabulnya doa (Liqa Asy Syahriy no.8 karya Ibnu Utsaimin).