Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Artikel : Man of Steel

Kajian Online Pekanan
(Pekan ke-1: Seri Aqidah) 
Edisi XXII/Tahun ke-II/Maret/2018
Program “Go Islamic” 
FIKES UMMagelang
 
Man of Steel 
 
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya: "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah..." (HR. Muslim no.2664. Shahih).
 
Dr. Shalih bin Fauzan al Fauzan, anggota Lajnah Daimah lil Buhuuts wal Ifta (sejenis lembaga fatwa di Saudi Arabia), menjelaskan:
 
Mukmin yang kuat yang dimaksud adalah yang kuat iman, tubuh dan amal shalihnya. Karena dengan tiga hal tersebut ia dapat memberikan kebaikan atau maslahat kepada orang lain. Sebaliknya, mukmin yang lemah tidak akan mampu berbuat sebagaimana yang dapat dilakukan oleh mukmin yang kuat. Hadits tersebut juga memerintahkan agar setiap mukmin memiliki kekuatan baik dari keimanan, aqidah, amal shalih dan tubuhnya (Majmu Fatawa Fadhilatusy Syaikh Shalih bin Fauzan al Fauzan, 1/198).
 
Kekuatan dari tubuh yang dimaksud adalah berusaha menerapkan healthy lifestyle agar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Ketika seorang mukmin memiliki badan yang sehat, tentunya ia akan lebih mudah memberikan manfaat atau kebaikan kepada orang lain.
 
Di antara faedah lain dari hadits di atas adalah seorang yang kuat imannya, ia akan mudah mengendalikan perilakunya. Jika ia ingin bersabar dan mengendalikan amarah, maka akan dimudahkan untuknya, Insya Allah. Bahkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah menjelaskan bahwa orang yang kuat bukan yang menang ketika berantem atau ribut, akan tetapi yang mampu menahan diri atau bersabar ketika dihadapkan dengan sesuatu yang dapat membuat marah, namun ia tetap stay calm (tenang) dan mampu mengendalikan amarahnya (HR. Bukhari no.5763. Shahih).
 
Kesimpulannya, mukmin yang kuat adalah mereka yang kuat iman, aqidah, hati, tubuh, amal shalih dan kesabarannya yang dengannya dapat memberikan hal yang positif bagi dirinya dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Selain itu, mereka juga akan lebih dicintai oleh Allah subhaanahu wa taala.
 
Semoga saja kita termasuk dari golongan orang-orang mukmin yang kuat, Aamiin.