Islami Inovatif Kompetitif
 

Banner Situs



Artikel : Ucapan selamat berpuasa ramadhan

Kajian Online Pekanan
(Pekan ke-4: Adab dan Tazkiyatun Nufus) 
Edisi XXXIV/Mei/2017
Program “Go Islamic” 
FIKES UMMagelang
 
Ucapan selamat berpuasa ramadhan
 
Nabi shallallaahu alaihi wa sallam pernah bersabda:
"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan yang penuh berkah, Allah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa di dalamnya. Pada bulan tersebut dibukalah pintu-pintu Surga, ditutuplah pintu-pintu Neraka, dibelenggulah setan-setan. Di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang diharamkan (dari memperoleh) kebaikannya maka dia telah diharamkan dari kebaikan" 
(HR. Ahmad 12/59; an-Nasai 4/129. Shahih dalam Tamaamul Minnatu Fii Taliiqi Alaa Fiqhus Sunnah karya al Albani, halaman 395).
 
Di antara pelajaran penting dari hadits di atas adalah bolehnya mengucapkan selamat atas kedatangan bulan Ramadhan (Lathoiful Maarif karya Ibnu Rajab, halaman 279). 
 
Hanya saja, ucapan selamat tersebut akan lebih pas jika diucapkan ketika bulan ramadhan telah tiba dan inilah salah satu adab dalam mengucapkan "selamat" yaitu ketika sebab kejadiannya benar-benar sedang terjadi. Begitu juga ketika kita akan mengucapkan selamat hari raya Idul fithri, akan lebih pas jika diucapkan ketika hari tersebut telah tiba. Bukan H - (min) sekian dan sekian.
 
Semoga bermanfaat.